Senin, 02 Januari 2012

47 planet kandidat baru pengganti bumi

Misi Kepler NASA mencari dunia baru untuk menggantikan Bumi mengalami kemajuan sangat pesat setahun terakhir. Selama misi, ditemukan 47 planet kandidat.
Para ilmuwan mulai membuat ‘indeks’ untuk mengkategorisasikan planet yang bisa dihuni. Sejauh ini, ditemukan 47 planet dan bulan dari 700 planet terdeteksi yang memenuhi syarat.
Planetary Habitability Laboratory (PHL) dari University of Puerto Rico di Arecibo (UPR Arecibo) menilai kandidat berdasarkan tempatnya di tata suryanya dan jenisnya.
“Hasil penting dari pemberian peringkat ini adalah kemampuan membandingkan exoplanet dari yang terbaik hingga terburuk untuk bisa dihuni manusia,” kata direktur PHL dan kepala penyelidik proyek, Abel Mendez.
Menurutnya, sejauh ini baru ada dua exoplanet yang memenuhi criteria hunian, yakni Gliese 581d dan HD 85512b. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan kecocokan untuk hidup di planet-planet tersebut.
“Saya berharap database ini akan membantu meningkatkan minat untuk membangun teleskop luar angkasa raksasa yang bisa digunakan untuk mengamati exoplanet secara langsung dan mencari kemungkinan tanda-tanda kehidupan,” tutup ahli sains planet hunia Jim Kasting dari Penn State seperti dikutip DM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar