Senin, 02 Januari 2012

mengenal sosok Jonathan 'Jony' Ive

Jonathan 'Jony' Ive, desainer Apple yang merupakan salah satu otak di balik desain iPod, Macbook, iPhone, hingga iPad, dianugerahi gelar kebangsawanan Knight Commander of British Empire (KBE) oleh Kerajaan Inggris pada 31 Desember 2011 lalu.
Dengan penganugerahan gelar tertinggi kedua dalam kasta kstaria ini pria yang menjabat sebagai Vice President of Industrial Design Apple tersebut dapat menambahkan gelar 'Sir' di depan namanya.
Pria kelahiran Chingford, London, 44 tahun lalu ini merasa tersanjung atas pemberian gelar yang dilakukan oleh Ratu Inggris. "Sejak kecil aku sudah tahu bahwa cita-citaku adalah dalam bidang desain," ujarnya kepada BBC seperti dikutip PC Mag, Senin, 2 Januari 2011.
Ive mempelajari desain di Politeknik Northumbria sebelum ditemukan oleh agensi Tangerine. Tahun 1992 Apple kemudian menawari pria ini posisi tetap di perusahaan setelah melihat hasil kerja Ive pada sebuah prototipe netbook.
Pada masa suram Apple, Ive sempat frustrasi karena merasa Apple hanya mengejar keuntungan semata. Hal itu berubah setelah Jobs kembali ke Apple dan menduduki kursi CEO.
"Aku ingat saat Steve mengumumkan bahwa tujuan kami tidak hanya mencetak uang, tapi juga membuat produk yang hebat," ujar Ive kepada Walter Isaacson, penulis biografi Steve Jobs. Jobs sendiri menganggap bahwa Ive merupakan "partner spiritualnya".
Namun hubungan Jobs dan Ive tidak selalu berjalan mulus. Ive pernah menyatakan bahwa Jobs adalah seorang "maniak pada detail dan dari mana ide berasal". Ive juga pernah mengaku dirinya merasa sakit hati bila Jobs yang mendapatkan pengakuan atas desain yang dibuatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar