Kamis, 05 Januari 2012

Kantong Semar (Nepenthes) Sumatera

Jenis Spesies Kantong Semar (Nepenthes) di pulau Sumatera, Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia. Dari sekitar 129 spesies kantong semar, 37 jenis diantaranya tumbuh di pulau Sumatera, Indonesia. Bahkan banyak diantaranya yang merupakan endemik Sumatera.
Jumlah spesies kantong semar di pulau Sumatera ini lebih banyak dibandingkan pulau Kalimantan (Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam) yang memiliki 36 jenis Nepenthes. Kalimantan dan Sumatera merupakan dua pulau dengan ragam spesies Nepenthes alam terbesar di dunia.
Dalam daftar kali ini, spesies Kantong Semar (Nepenthes) saya bedakan dalam spesies (jenis) endemik Sumatera yang hanya didapati tumbuh di pulau Sumatera saja dan spesies non-endemik yang selain di Sumatera juga dapat dijumpai di tempat lain.
Jenis Kantong semar yang tumbuh endemik di Sumatera, Indonesia antara lain:
  1. N. adnata. Endemik Sumatera Barat.
  2. N. angasanensis
  3. N. aristolochioides
  4. N. beccariana. Endemik Nias, Sumatera.
  5. N. bongso
  6. N. densiflora
  7. N. diatas
  8. N. dubia
  9. N. eustachya
  10. N. flava
  11. N. inermis
  12. N. izumiae
  13. N. jacquelineae
  14. N. jamban
  15. N. junghuhnii
  16. N. lavicola
  17. N. lingulata
  18. N. longifolia
  19. N. mikei
  20. N. naga
  21. N. ovata
  22. N. rhombicaulis
  23. N. rigidifolia
  24. N. singalana
  25. N. spectabilis
  26. N. sumatrana
  27. N. talangensis
  28. N. tenuis
  29. N. tobaica
Jenis Kantong semar yang selain tumbuh di Sumatera juga terdapat di pulau lain, antara lain:
  1. N. albomarginata (White-Collared Pitcher-Plant). Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia.
  2. N. ampullaria. Kalimantan, Sumatera, Kepulauan Maluku, Papua, Thailand, Malaysia, dan Singapura.
  3. N. gracilis (Slender Pitcher-Plant). Selain di Sumatera juga tumbuh di Kalimantan, Sulawesi, semenanjung Malaysia, Singapura, dan Thailand.
  4. N. gymnamphora. Selain di Sumatera juga dijumpai di pulau Jawa.
  5. N. mirabilis (Common Swamp Pitcher-Plant). Tumbuh di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Filipina, China, Hongkong, Australian, dan Palau.
  6. N. rafflesiana (Raffles’ Pitcher-Plant). Tumbuh di Sumatera, Kalimantan, Malaysia, dan Singapura.
  7. N. reinwardtiana (Reinwardt’s Pitcher-Plant). Tumbuh di Sumatera, Kalimantan, Malaysia, dan Singapura.
  8. N. spathulata. Selain di Sumatera juga dijumpai di pulau Jawa.
Selain di pulau Sumatera ke-129 jenis kantong semar didapati tumbuh pula di berbagai tempat yang meliputi Kalimantan (Indonesia, Malaysia, dan Brunei) sebanyak 36 spesies; Filipina (24 spesies), Thailand (12 spesies), Papua (Indonesia dan Papua New Guinea, 11 spesies), Semenanjung Malaysia (11 spesies), Sulawesi (10 spesies), Kamboja (5 spesies), Vietnam dan Maluku (masing-masing 4 spesies), Australia, Jawa, dan Singapura (masing-masing 3 spesies), Madagaskar, Misool, dan Laos (masing-masing 2 spesies), dan masing-masing 1 spesies di India, Sri Lanka, Selandia Baru, China, Myanmar, Palau, Mikronesia, Seychelles, dan Pulau Waigeo (Papua Barat, Indonesia).
Di antara ke-37 spesies kantong semar yang tumbuh di pulau Sumatera, Indonesia, hampir seluruhnya merupakan tanaman langka yang terancam punah. Bahkan 3 jenis diantaranya dicap oleh IUCN Redlist dalam Critically Endangered (Kritis), 1 spesies Endangered (Terancam), dan 7 spesies sebagai Vulnerable (Rentan).
Untuk daftar spesies kantong semar dari pulau-pulau lain di Indonesia semisal Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, Jawa, dan Papua akan saya paparkan dikesempatan lain.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Caryophyllales; Famili: Nepenthaceae; Genus: Nepenthes; Spesies: lihat daftar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar