Kamis, 12 Januari 2012

Merpati Mahkota

Burung Mabruk, Burung Dara Mahkota atau Goura merupakan burung anggota famili Columbidae (burung merpati) yang dikelompokkan dalam genus Goura. Burung mabruk atau dara mahkota yang merupakan hewan endemik pulau Papua, Indonesia, terdiri atas tiga jenis yaitu mabruk ubiaat, mabruk victoria, dan mabruk selatan.
Sebagaimana namanya, ketiga jenis burung dara mahkota ini mempunyai ciri khas jambul yang tersusun menyerupai kipas di atas kepalanya. Dari bentuk jambulnya itu pula ketiga jenis mabruk ini dapat dibedakan.
Jenis-jenis Burung Mabruk atau Dara Mahkota. Burung dara mahkota atau mabruk terdiri atas tiga jenis, yaitu:
  • Mabruk Ubiaat (Goura cristata)
Burung Dara Mahkota atau Mabruk Ubiaat dikenal juga sebagai Mambruk Barat, Mambruk Biasa atau Mambruk Mahkota Biru. Dalam bahasa Inggris disebut Blue Crowned-pigeon, Common Crowned Pigeon, Great Goura, Western Crowned-pigeon, Western Crowned Pigeon, atau Western Crowned-Pigeon. Dalam bahasa latin (ilmiah) dinamai Goura cristata. Burung ini hidup di bagian barat pulau Papua dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti pulau Waigeo, Salawati, dan Bantata. Juga mengalami introduksi ke poulau Seram, Maluku.
Burung Mabruk Ubiaat (Gaura cristata)
Burung Mabruk Ubiaat (Gaura cristata)
Burung Mabruk Ubiaat, mempunyai ukuran panjang tubuh sekitar 70 cm. Bulunya berwarna biru keabu-abuan dengan ciri khas mahkota seperti renda di atas kepalanya serta bulu gelap di sekitar matanya. Makanan utama burung ini adalah buah dan biji-bijian.
  • Mabruk Victoria (Goura victoria)
Burung Mabruk Vitoria dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Victoria Crowned-pigeon, Victoria Crowned Pigeon, Victoria Crowned-Pigeon, atau Victoria Goura. Nama latin hewan ini adalah Goura victoria. Burung dara mahkota ini hidup di bagian utara pulau Papua (Indonesia dan Papua Nugini) dan pulau-pulau kecil sekitarnya.
Burung Mabruk Victoria (Goura victoria)
Burung Mabruk Victoria (Goura victoria)
Burung dara mahkota victoria (Goura victoria) berukuran panjang 74 cm. Bulunya berwarna biru keabu-abuan dengan jambul seperti kipas yang ujungnya berwarna putih. Bulu dada merah marun keunguan, paruh abu-abu, kaki merah kusam, dan garis tebal berwarna abu-abu di sayap dan ujung ekornya. Di sekitar mata terdapat topeng hitam dengan iris mata berwarna merah.
  • Mabruk Selatan (Goura scheepmakeri)
Mabruk Selatan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Maroon-breasted Crowned-pigeon, Masked Goura, Scheepmaker’s Crowned-pigeon, Southern Crowned-pigeon, Southern Crowned Pigeon, atau Southern Crowned-Pigeon. Nama latin burung ini adalah Goura scheepmakeri. Burung Dara Mahkota ini hidup di pulau Papua (Indonesia dan Papua Nugini) bagian selatan dan tenggara.
Burung Mabruk Selatan (Goura scheepmakeri)
Burung Mabruk Selatan (Goura scheepmakeri)
Ukuran tubuh burung Mabruk Selatan mencapai 75 cm. Bulunya berwarna biru keabu-abuan pucat dengan jambul rumit berenda berwarna biru. Iris mata dan bulu dada berwarna merah marum.
Ketiga jenis burung dara mahkota ini dikategorikan sebagai burung berstatus vulnerable oleh IUCN Redlist dan didaftar juga dalam Apendiks II CITES. Pun termasuk binatang yang dilindungi di Indonesia berdasarkan PP No 7 Tahun 1999.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Columbiformes; Famili: Columbidae; Genus: Goura; Spesies: Goura cristata, Goura victoria, dan Goura scheepmakeri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar