Senin, 02 Januari 2012

Tips Merawat Baterai Charge

Tips Merawat Baterai Charge

Rechargeable Battery (NiCd, NiMH, LiIon) mempunyai sifat Memory Effect.
Memory Effect adalah sifat baterai yang mengingat sisa daya yang terkandungnya sebagai titik nol saat dicharge. Misalnya baterai dengan kapasitas 1000 mAH telah diisi penuh, kemudian dipakai hingga muatannya 100mAH. Bila langsung di charge maka akan terjadi memory effect baterai tersebut mengingat 100mAH menjadi titik 0 sehingga yang terjadi adalah charge tidak maksimal keadaan pernuh baterai malah menjadi  900mAH.

Nah bagaimana mengatasinya
1. Chargelah baterai dalam keadaan kosong. jika mainan dengan baterai charge baru pertama kali digunakan. mainkan hinggga baterai tersebut benar-benar habis maka memory effect dari baterai benar-benar pada titik 0mAH dan lakukan charge setelah baterai dingin.
2. Jangan terlalu sering charge baterai. baterai tentu mempunyai kadar pakai, sekian ribu kali charge baterai akan mulai melemah. dengan mengkombinasikan charge baterai dalam keadaan kosong dan jangan terlalu sering mencharge baterai. akan memperpanjang umur baterai.
3. Hindari batere dari basah, lembab, benturan, sinar matahari langsung, panas yang menyengat, dan benda-benda dengan medan elektromagnetik yang tinggi (mis: TV, microwave, PC, dll)
4. Hindari jatuh pada baterai atau adaptornya. adaptor yang rusak tentu mempengaruhi baterainya.
5. Jangan overcharge. banyak adaptor yang berlampu indikator menyala jika baterai sudah full(penuh) atau sebaliknya. jika sudah penuh langsung cabut adaptor dari sumber listrik.
6. Untuk charger yang tidak ada indikator lampu atau indikator lain yang menandakan baterai sudah penuh. lamanya charge baterai time dapat disesuaikan dengan kapasitas battery dan chargernya. Misalnya kapasitas baterai 700mAH lalu pada ampere adaptornya 250mA maka total waktu yang cukup untuk charge batarai tersebut adalah (700mAH : 250mAH) = 2,8 jam atau sekitar 2 jam 50menit lebih sedikit.
7. Mainan yang memiliki dinamo(penggerak ban) lebih dari 2, lalu lampu-lampu assesoris tentu akan boros baterai, membuat baterai bawaan pabrik cepat sekali habis. untuk itu anda bisa membeli baru baterai mainan anda. misalnya mainan anda mendapatkan baterai dari pabrik 700mAH anda bisa memakai baterai charge 1000mAH tentu akan menambah lama anda bermain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar