Kamis, 22 Desember 2011

cara membuat empek empek

Bahan-bahan:
1. 1 mangkok ikan yang telah dilumatkan
2. 1 mangkok tepung kanji
3. Air garam secukupnya
Untuk Kuahnya:
1. 5 lombok merah
2. 10 lombok rawit
3. 3-5 siung bawang putih
4. Garam
5. Cuka
6. Gula Aren
7. Air matang secukupnya
Cara membuat empek-empek:
Ikan setelah dicuci bersih, belah lalu ambil dagingnya dengan cara dikerok dengan sendok. Campurkan ke tepung kanji, aduk aduk, lalu tuangi air garam sambil diaduk aduk sampai rata dan merupakan adonan yang dapat dipulung. Coba sedikit, rasa asin harus terasa, jika kurang tambahkan garam secukupnya. Gulung dengan daun pisang lalu kukus sampai matang. Buka daunnya lalu dinginkan.
Cara membuat kuah:
Semua bahan disatukan lalu gerus sampai halus, tuangi 1 mangkok air matang atau lebih. Bubuhi cuka secukupnya. Rasa harus asin, asam, manis dan pedas. Boleh ditambahkan tongcay yang diiris tipis. Bila ingin kuahnya berwarna kecoklatan, bubuhi 1-2 sendok kecap, ratakan.
Menyajikan empek empek.
Semua macam empek empek jika hendak disajikan di goreng terlebih dahulu dengan minyak panas, supaya lebih gurih dan empuk. Panas panas dipotong potong, taruh dipiring. Lalu siram dengan kuah. Supaya lebih menarik ditambah dengan mie rebus, ketimun yang telah diiris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh diatas empek empek yang telah dipotong potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goreng.
Perhatian: Ikan untuk empek empek sebaiknya ikan belida, tenggiri atau kakap.
Selamat Menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar