Selasa, 20 Desember 2011

Cara Mengembalikan File/Folder yang Disembunyikan Virus

Dari banyaknya Antivirus yang ada, seperti Avira Personal, Kaspersky, Smadav atau PCMAV dll, mungkin belum bisa mengatasi apabila virus tersebut menghinden folder atau file penting di komputer sehingga anda kebinggungan dalam mencari file atau folder tersebut saat akan dibuka.
Walupun virus tersebut tersebut telah Anda basmi dengan Antivirus, namun file atau folder Anda masih saja tidak muncul di Windows Explorer. Kenapa? Hal ini disebabkan karena beberapa virus tersebut memeberikan attribute hidden dan system kepada file atau folder tersebut.
Lantas bagaimana cara mengembalikan/menampilkan kembali file dan folder yang disemunyikan virus? Caranya adalah dengan mengatur agar komputer menampilkan file atau folder yang beratribut hidden dan system yaitu melalui folder options. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Buka Windows Explorer.
Klik menu Tools »» Folder Options.
Pada jendela folder options, hilangkan tanda pada pilihan “Show hidden files and folder”. Pilihan ini berfungsi untuk menampilkan file atau folder yang beratribut hidden.
Kemudian untuk menampilkan file yang beratribut system, hilangkan tanda cek (rumput) pada pilihan “Hide protected operating system files (Recommende)”.
Selanjutnya klik OK untuk menyimpan setting dan menutup folder options.
Sekarang coba periksa file atau folder Anda yang disembunyikan virus tadi. Apakah sudah muncul di windows explorer? Jika sudah, coba perhatikan file atau folder tersebut. File atau folder tersebut akan terlihat samar-samar bukan?
Sekarang bagaimana cara mengembalikan atrribute file dan folder tersebut agar normal kembali? Agar apabila nanti di bawa ke komputer lain yang tidak Anda set seperti tadi, file dan folder tersebut kelihatan. Untuk melakukan ini Anda membuthkan bantuan sebuah software. Software yang Anda butuhkan adalah software yang berfungsi untuk merubah atribut file atau folder. Salah satu software yang saya rasa cukup bagus adalah Attribute Changer.
Dengan menggunakan Attribute Changer Anda bisa merubah attribute file atau folder dengan mudah. Anda cukup mengklik kanan sebuah file atau folder, kemudian pilih Change attribute.
Pada jendela Attribute Changer pilihlah attribute yang sesuai. Agar Anda bisa menampilkan (mengembalikan) file dan folder yang disembunyikan virus, maka set attribute ke normal dan hilangkan tanda cek pada plihan hidden dan system.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar