Sejarah blenderPada tahun 1988, Ton Roosendaal mendirikan studio animasi Belanda NeoGeo. NeoGeo cepat menjadi studio animasi 3D terbesar di Belanda dan salah satu rumah animasi terkemuka di Eropa. NeoGeo
menciptakan memenangkan penghargaan produksi (Video Awards Eropa
Perusahaan tahun 1993 dan 1995) untuk klien perusahaan besar, seperti
multi-nasional perusahaan elektronik Philips. Dalam NeoGeo, Ton bertanggung jawab untuk kedua arah seni dan pengembangan perangkat lunak internal. Setelah
mempertimbangkan hati-hati, Ton memutuskan bahwa saat ini di-rumah alat
3D ditetapkan untuk NeoGeo sudah terlalu tua dan rumit untuk
mempertahankan dan meningkatkan, dan harus ditulis ulang dari awal. Pada
tahun 1995 menulis ulang ini dimulai dan ditakdirkan untuk menjadi
penciptaan 3D software suite kita semua kenal sebagai Blender. Sebagai
NeoGeo terus menyempurnakan dan memperbaiki Blender, menjadi jelas bagi
Ton bahwa Blender dapat digunakan sebagai alat untuk seniman lain di
luar NeoGeo.Pada
tahun 1998, Ton memutuskan untuk menemukan sebuah perusahaan baru yang
disebut Bukan Nomor (NaN), sebagai spin-off dari NeoGeo, untuk pasar
lebih lanjut dan mengembangkan Blender. Pada
inti dari NaN adalah keinginan untuk menciptakan dan mendistribusikan,
platform kompak pembuatan 3D Suite lintas secara gratis. Pada saat itu ini adalah sebuah konsep revolusioner, sebagai pemodel komersial yang paling biaya beberapa ribu (US) dollar. NaN berharap untuk membawa tingkat pemodelan 3D profesional dan alat animasi dalam jangkauan masyarakat komputasi umum. NaN model bisnis yang terlibat menyediakan produk-produk komersial dan layanan sekitar Blender. Pada tahun 1999 NaN SIGGRAPH menghadiri konferensi pertama dalam upaya untuk lebih banyak mempromosikan Blender. Blender yang pertama konvensi SIGGRAPH 1999 adalah sukses besar dan mengumpulkan sejumlah besar bunga dari pers dan peserta. Blender adalah hit dan potensi yang besar dikonfirmasi!Di sayap SIGGRAPH sukses di awal tahun 2000, NaN dijamin pembiayaan € 4.5m dari kapitalis ventura. Ini masuknya besar uang tunai memungkinkan NaN untuk cepat memperluas operasinya. Segera
NaN membual sebanyak lima puluh karyawan yang bekerja di seluruh dunia,
mencoba untuk meningkatkan dan mempromosikan Blender. Pada musim panas 2000, Blender v2.0 dirilis. Versi Blender menambahkan integrasi mesin permainan untuk suite 3D. Pada akhir 2000, jumlah pengguna terdaftar di situs NaN melampaui 250.000.Sayangnya, ambisi NaN dan peluang tidak sesuai kemampuan perusahaan dan realitas pasar dari waktu. Ekstensi
ini menghasilkan lebih dari-restart NaN dengan dana investor baru dan
sebuah perusahaan yang lebih kecil pada bulan April 2001. Enam bulan kemudian perangkat lunak pertama NaN itu produk komersial, Blender Publisher, diluncurkan. Produk ini ditargetkan pada pasar yang muncul dari web interaktif media berbasis 3D. Karena
penjualan mengecewakan dan iklim ekonomi yang sedang berlangsung sulit,
para investor baru memutuskan untuk menutup semua operasi NaN. Shutdown juga termasuk menghentikan pengembangan Blender. Meskipun
ada kekurangan dalam jelas versi sekarang Blender, dengan arsitektur
perangkat lunak yang kompleks internal, fitur yang belum selesai dan
cara non-standar untuk menyediakan GUI, dengan dukungan antusias dari
masyarakat pengguna dan pelanggan yang telah membeli Penerbit Blender
dalam masa lalu, Ton tidak bisa membenarkan meninggalkan Blender menghilang terlupakan. Sejak
restart perusahaan dengan tim yang cukup besar pengembang tidak layak,
Maret 2002 Ton Roosendaal mendirikan organisasi non-profit Yayasan
Blender.Tujuan
utama Blender Foundation adalah untuk menemukan cara untuk terus
mengembangkan dan mempromosikan Blender sebagai proyek Sumber Terbuka
berbasis masyarakat. Pada
Juli 2002, Ton berhasil mendapatkan investor NaN untuk menyetujui
rencana Yayasan Blender yang unik untuk mencoba untuk melepaskan Blender
sebagai open source. The
"Gratis Blender" kampanye berusaha untuk meningkatkan € 100.000
sehingga Yayasan bisa membeli hak untuk kode sumber Blender dan hak
kekayaan intelektual dari investor NaN dan kemudian melepaskan Blender
untuk komunitas open source. Dengan
antusias kelompok relawan, beberapa di antaranya mantan karyawan NaN,
penggalangan dana kampanye diluncurkan untuk "Free Blender". Untuk mengejutkan semua orang dan kegembiraan kampanye mencapai € 100.000 gol hanya dalam tujuh minggu yang singkat. Pada Minggu, Oktober 13, 2002, Blender dirilis ke dunia di bawah ketentuan GNU General Public License (GPL). Blender
pengembangan terus hari ini didorong oleh sebuah tim yang
jauh-melemparkan, berdedikasi relawan dari seluruh dunia yang dipimpin
oleh pencipta asli Blender itu, Ton Roosendaal.Versi / Revisi MilestonesBlender sejarah dan peta jalan:
* 1.00 - Januari 1995: Blender dalam pembangunan di studio animasi NeoGeo.
* 1.23 - Januari 1998: SGI versi yang dipublikasikan di web, IrisGL.
* 1.30 - April 1998: GNU / Linux dan FreeBSD versi, port untuk OpenGL dan X.
* 1.3x - Juni 1998: NaN didirikan.
* 1,4 x - September 1998: Sun dan GNU / Linux versi Alpha dirilis.
* 1.50 - November 1998: Manual Pertama diterbitkan.
* 1.60 - April 1999: tombol C (fitur baru di belakang kunci, $ 95), versi Windows dirilis.
* 1.6x - Juni 1999: versi BeOS dan PPC dirilis.
* 1.80 - Juni 2000: Akhir dari C-kunci, Blender adalah sebuah freeware penuh lagi.
* 2.00 - Agustus 2000: mesin 3D dan real-time Interaktif.
* 2.10 - Desember 2000: Mesin Baru, fisika, dan Python.
* 2.20 - Agustus 2001: Karakter sistem animasi.
* 2.21 - Oktober 2001: Blender Publisher peluncuran.
* 2.2x - Desember 2001: Mac OSX versi.
* 13 Oktober 2002: Blender berjalan Open Source, 1 Blender Konferensi.
* 2,25 - Oktober 2002: Blender Publisher menjadi tersedia secara bebas.
* Tuhopuu1 - Oktober 2002: Pohon eksperimental Blender adalah dibuat, taman bermain koder.
* 2.26 - Februari 2003: Blender Sumber Terbuka pertama benar.
* 2.27 - Mei 2003: Blender Sumber kedua Terbuka.
* 2.28x - Juli 2003: Pertama dari seri 2.28x.
* 2.30 - Oktober 2003: Preview rilis Makeover UI 2.3x dipresentasikan pada Konferensi Blender 2.
* 2.31 - Desember 2003: Upgrade ke proyek UI stabil 2.3x.
* 2.32 - Januari 2004: perbaikan utama dari kemampuan rendering internal.
* 2.33 - April 2004: mengembalikan Game Engine, ambien oklusi, tekstur prosedural baru.
* 2.34 - Agustus 2004: Perbaikan besar: partikel interaksi, pemetaan UV LSCM, integrasi YafRay fungsional, lipatan tertimbang di permukaan subdivisi, shader jalan, OSA penuh, dan banyak banyak lagi.
* 2.35 - November 2004: Versi lain penuh perbaikan: kait objek, kurva kurva deformasi dan meruncing, duplikator partikel dan banyak lagi.
* 2.36 - Desember 2004: Sebuah versi stabilisasi, banyak pekerjaan di belakang layar, perbaikan pemetaan normal dan perpindahan.
* 2.37 - Juni 2005: Sebuah lompatan besar: transformasi alat dan widget, softbodies, medan gaya, defleksi, permukaan subdivisi tambahan, bayangan transparan, dan rendering multithreaded.
* 2.40 - Desember 2005: Sebuah lompatan yang lebih besar: ulang penuh dari sistem angker, tombol bentuk, bulu dengan partikel, cairan dan tubuh kaku.
* 2.41 - Januari 2006: Banyak perbaikan, dan fitur beberapa mesin permainan.
* 2.42 - Juli 2006: Rilis Node. Lebih dari 50 pengembang memberikan kontribusi node, pengubah array, vektor kabur, mesin fisika baru, rendering, lipsync, dan banyak fitur lainnya. Ini adalah rilis berikut Oranye Proyek.
* 2.43 - Februari 2007: Rilis multi: multi-resolusi jerat, multi-lapisan tekstur UV, multi-layer gambar dan multi-pass rendering dan kue, patung, retopology, matte beberapa tambahan, mendistorsi dan node filter, pemodelan dan animasi perbaikan , lebih baik melukis dengan kuas ganda, partikel fluida, objek proxy, menulis ulang sequencer, dan pasca-produksi UV texturing. Wah! Oh, dan menulis ulang situs web. Dan ya, masih memiliki multi-threaded rendering untuk multi-core CPU. Dengan Ayat itu adalah multi-user, memungkinkan seniman untuk bekerja pada adegan yang sama bersama-sama. Terakhir, membuat peternakan masih menyediakan multi-workstation untuk render didistribusikan.
* 2.44 - Mei 2007: Rilis SSS: berita besar, di samping dua pengubah baru dan kembali membangkitkan dukungan 64-bit OS, adalah penambahan hamburan bawah permukaan, yang mensimulasikan hamburan cahaya di bawah permukaan benda organik dan lembut .
* 2.45 - September 2007: rilis bugfix lain: perbaikan bug yang serius, dengan beberapa masalah kinerja ditangani.
* 2.46 - Mei 2008: Rilis Peach hasil dari upaya besar lebih dari 70 pengembang menyediakan perangkat tambahan untuk inti dan patch untuk memberikan rambut dan bulu, sistem partikel baru, browsing gambar ditingkatkan, kain, mulus dan non-intrusif fisika cache, render perbaikan dalam refleksi, AO, dan membuat kue; mesh merusak pengubah untuk otot dan seperti dukungan, baik animasi melalui alat angker dan menggambar, menguliti, kendala dan Editor Aksi berwarna-warni, dan banyak lagi. Ini adalah sebagai berikut rilis Peach Proyek.
* 2.47 - Agustus 2008: rilis Bugfix.
* 2.48 - Oktober 2008: Rilis Aprikot: keren GLSL shader, dan perbaikan lampu GE, snap, langit simulator, pengubah shrinkwrap, python mengedit perbaikan.
* 2.49 - Juni 2009:-Pra Re-Faktor rilis menambahkan perangkat tambahan signifikan terhadap inti dan GE. Perangkat tambahan inti meliputi simpul berbasis tekstur, sketsa dinamo (disebut Etch-a-Ton), perbaikan jala operasi boolean, JPEG2000 dukungan, lukisan proyeksi untuk transfer langsung gambar untuk model, dan katalog script Python signifikan. GE perangkat tambahan termasuk tekstur video, di mana Anda dapat memutar film dalam game (!), Upgrade ke mesin fisika Bullet, kubah (ikan-mata) rendering, dan lebih API GE panggilan dibuat tersedia.
* 1.00 - Januari 1995: Blender dalam pembangunan di studio animasi NeoGeo.
* 1.23 - Januari 1998: SGI versi yang dipublikasikan di web, IrisGL.
* 1.30 - April 1998: GNU / Linux dan FreeBSD versi, port untuk OpenGL dan X.
* 1.3x - Juni 1998: NaN didirikan.
* 1,4 x - September 1998: Sun dan GNU / Linux versi Alpha dirilis.
* 1.50 - November 1998: Manual Pertama diterbitkan.
* 1.60 - April 1999: tombol C (fitur baru di belakang kunci, $ 95), versi Windows dirilis.
* 1.6x - Juni 1999: versi BeOS dan PPC dirilis.
* 1.80 - Juni 2000: Akhir dari C-kunci, Blender adalah sebuah freeware penuh lagi.
* 2.00 - Agustus 2000: mesin 3D dan real-time Interaktif.
* 2.10 - Desember 2000: Mesin Baru, fisika, dan Python.
* 2.20 - Agustus 2001: Karakter sistem animasi.
* 2.21 - Oktober 2001: Blender Publisher peluncuran.
* 2.2x - Desember 2001: Mac OSX versi.
* 13 Oktober 2002: Blender berjalan Open Source, 1 Blender Konferensi.
* 2,25 - Oktober 2002: Blender Publisher menjadi tersedia secara bebas.
* Tuhopuu1 - Oktober 2002: Pohon eksperimental Blender adalah dibuat, taman bermain koder.
* 2.26 - Februari 2003: Blender Sumber Terbuka pertama benar.
* 2.27 - Mei 2003: Blender Sumber kedua Terbuka.
* 2.28x - Juli 2003: Pertama dari seri 2.28x.
* 2.30 - Oktober 2003: Preview rilis Makeover UI 2.3x dipresentasikan pada Konferensi Blender 2.
* 2.31 - Desember 2003: Upgrade ke proyek UI stabil 2.3x.
* 2.32 - Januari 2004: perbaikan utama dari kemampuan rendering internal.
* 2.33 - April 2004: mengembalikan Game Engine, ambien oklusi, tekstur prosedural baru.
* 2.34 - Agustus 2004: Perbaikan besar: partikel interaksi, pemetaan UV LSCM, integrasi YafRay fungsional, lipatan tertimbang di permukaan subdivisi, shader jalan, OSA penuh, dan banyak banyak lagi.
* 2.35 - November 2004: Versi lain penuh perbaikan: kait objek, kurva kurva deformasi dan meruncing, duplikator partikel dan banyak lagi.
* 2.36 - Desember 2004: Sebuah versi stabilisasi, banyak pekerjaan di belakang layar, perbaikan pemetaan normal dan perpindahan.
* 2.37 - Juni 2005: Sebuah lompatan besar: transformasi alat dan widget, softbodies, medan gaya, defleksi, permukaan subdivisi tambahan, bayangan transparan, dan rendering multithreaded.
* 2.40 - Desember 2005: Sebuah lompatan yang lebih besar: ulang penuh dari sistem angker, tombol bentuk, bulu dengan partikel, cairan dan tubuh kaku.
* 2.41 - Januari 2006: Banyak perbaikan, dan fitur beberapa mesin permainan.
* 2.42 - Juli 2006: Rilis Node. Lebih dari 50 pengembang memberikan kontribusi node, pengubah array, vektor kabur, mesin fisika baru, rendering, lipsync, dan banyak fitur lainnya. Ini adalah rilis berikut Oranye Proyek.
* 2.43 - Februari 2007: Rilis multi: multi-resolusi jerat, multi-lapisan tekstur UV, multi-layer gambar dan multi-pass rendering dan kue, patung, retopology, matte beberapa tambahan, mendistorsi dan node filter, pemodelan dan animasi perbaikan , lebih baik melukis dengan kuas ganda, partikel fluida, objek proxy, menulis ulang sequencer, dan pasca-produksi UV texturing. Wah! Oh, dan menulis ulang situs web. Dan ya, masih memiliki multi-threaded rendering untuk multi-core CPU. Dengan Ayat itu adalah multi-user, memungkinkan seniman untuk bekerja pada adegan yang sama bersama-sama. Terakhir, membuat peternakan masih menyediakan multi-workstation untuk render didistribusikan.
* 2.44 - Mei 2007: Rilis SSS: berita besar, di samping dua pengubah baru dan kembali membangkitkan dukungan 64-bit OS, adalah penambahan hamburan bawah permukaan, yang mensimulasikan hamburan cahaya di bawah permukaan benda organik dan lembut .
* 2.45 - September 2007: rilis bugfix lain: perbaikan bug yang serius, dengan beberapa masalah kinerja ditangani.
* 2.46 - Mei 2008: Rilis Peach hasil dari upaya besar lebih dari 70 pengembang menyediakan perangkat tambahan untuk inti dan patch untuk memberikan rambut dan bulu, sistem partikel baru, browsing gambar ditingkatkan, kain, mulus dan non-intrusif fisika cache, render perbaikan dalam refleksi, AO, dan membuat kue; mesh merusak pengubah untuk otot dan seperti dukungan, baik animasi melalui alat angker dan menggambar, menguliti, kendala dan Editor Aksi berwarna-warni, dan banyak lagi. Ini adalah sebagai berikut rilis Peach Proyek.
* 2.47 - Agustus 2008: rilis Bugfix.
* 2.48 - Oktober 2008: Rilis Aprikot: keren GLSL shader, dan perbaikan lampu GE, snap, langit simulator, pengubah shrinkwrap, python mengedit perbaikan.
* 2.49 - Juni 2009:-Pra Re-Faktor rilis menambahkan perangkat tambahan signifikan terhadap inti dan GE. Perangkat tambahan inti meliputi simpul berbasis tekstur, sketsa dinamo (disebut Etch-a-Ton), perbaikan jala operasi boolean, JPEG2000 dukungan, lukisan proyeksi untuk transfer langsung gambar untuk model, dan katalog script Python signifikan. GE perangkat tambahan termasuk tekstur video, di mana Anda dapat memutar film dalam game (!), Upgrade ke mesin fisika Bullet, kubah (ikan-mata) rendering, dan lebih API GE panggilan dibuat tersedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar