Rabu, 14 Desember 2011

macam macam telur

TELUR AYAM
Jenisnya ada dua, yaitu telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Telur ayam negeri berwarna kecokelatan, telur ayam kampung putih bersih, ukurannya pun lebih kecil. Cuci bersih telur di bawah air mengalir, letakkan telur dengan ujung runcing berada di atas. Simpan dalam kulkas agar lebih tahan lama.
telur-bebek ok
TELUR BEBEK
Cangkangnya berwarna hijau muda. Kuning telurnya berwarna lebih tua (orange). Ukurannya lebih besar dan aromanya lebih amis. Sering digunakan untuk membuat telur asin, karena kulitnya tebal dengan isi padat dan kenyal. Tidak beda cara penyimpanannya, kecuali saat akan digunakan, turunkan suhunya menjadi suhu ruang, karena putih telur lebih mengental.
telurpuyuh ok
TELUR PUYUH
Ukurannya sangat kecil, dengan bercak-bercak hitam pada cangkangnya. Telur ini hamper tidak pernah digunakan untuk membuat kue atau cake, karena kandungan kolesterolnya yang sangat tinggi.
telur pitan ok
TELUR PITAN
Disebut juga century egg atau one thousand year egg. Dibuat dengan mengawetkan telur itik dalam campuran tanah liat, abu, garam, kapur, dan kulit gabah selama beberapa minggu, bahkan sampai beberapa bulan. Bagian putih telurnya seperti agar-agar transparan berwarna kecokelatan. Bagian kuningnya berwarna kehitaman. Meski tahan lama, banyak yang tidak suka dengan telur ini karena baunya yang menyengat (campuran belerang dan ammonia).
TIPS
-   Terawang telur pada sinar terang lalu amati, bila terlihat jernih dan kuning masih utuh, artinya telur masih segar. Telur yang sudah tidak menampakkan guratan merah atau noda sebaiknya tidak digunakan.
-   Cara lain, masukkan telur ke dalam air yang banyak. Bila tenggelam berarti telur masih bagus. Bila terapung berarti telur sudah membusuk.
-   Bila telur saat direbus pecah dan putihnya keluar, segera bubuhkan garam atau cuka ke dalam air rebusan, untuk menghentikan putih telur mengalir dan memadatkan kuning telur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar