Rabu, 21 Desember 2011

Tanda-tanda Tubuh Kurang Serat

Apakah Anda kurang asupan buah, sayur, dan biji-bijian? Hati-hati, kurang serat bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan lain-lain.
Ada empat tanda utama yang perlu diperhatikan saat Anda kekurangan serat.
* Sembelit Bila Anda buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, feses keras dan kering, Anda pasti sembelit. Sembelit juga bisa terjadi karena kurang olahraga dan pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi.
Cegah dengan menambah asupan makanan kaya serat seperti apel, wortel, brokoli, dan biji-bijian secara bertahap. Jangan lupa banyak minum air dan berolahraga teratur.
* Berat badan bertambah Serat membuat kenyang, tetapi tetap nyaman. Bila Anda tidak mengalami perasaan itu, konsumsilah 25-35 gram serat per hari.
* Fluktuasi kadar gula Bila Anda menderita penyakit diabetes melitus (DM) dan sulit mengontrol kadar gula darah, konsultasikan ke dokter. Ada kemungkinan Anda kurang serat. Coba tambahkan produk segar dan makanan tinggi serat ke dalam diet Anda.  
* Mual terkait dengan diet Konsumsi kalori yang sebagian besar diperoleh dari makanan tinggi protein atau rendah karbohidrat tidak hanya menaikkan kolesterol, tetapi juga membuat Anda lemah, mual, dan lelah. Karena itu, tingkatkan asupan serat dan kurangi makanan berlemak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar