Kamis, 15 Desember 2011

Cara Membuat Telur Asin Asap

Telur asin asap adalah jenis terbaru dari berbagai varian telur asin. Yang menjadi ciri khas telur asin asap ini adalah adalah hilangnya bau amis, corak khas yang melekat di kulit telurnya, dan tentu saja aroma khas asap yang sangat menggugah selera bagi para penikmatnya.

Cara pembuatan telur asin dengan metode pengasapan sebenarnya sudah mulai dikenal sekitar lima tahun yang lalu. Meski dulu telur asin asap belum begitu populer dan belum banyak dijual seperti sekarang. Tetapi kini produk tersebut telah dijual dalam berbagai merk dan kemasan.Hingga akhirnya telur asin asap kini dijual di berbagai mini market di kota Pati dan sekitarnya bahkan sudah samapi ke kota besar seperti jakarta, surabya dan kalimantan namun promosinya masih sebatas dari mulut ke mulut.

Pada dasarnya cara pembuatan telur asin ini sama dengan telur asin biasa. Yang sedikit membedakannya adalah proses pengasapannya kemudian yang membutuhkan waktu kurang lebih 12-14 jam dengan sabut kelapa atau sekam. Ditambah proses penyimpanan, secara keseluruhan telur asin asap hingga siap dikonsumsi dibutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Berbeda dengan telur asin biasa yang berwarna hijau, telur asin asap sendiri memiliki corak berwarna kecoklatan hal itu dikarenakan karena lamanya telur diasap namun hal itu malah menambah khas dan rasa dari telur tersebut. Saat dibelah di kuning telur nampak alur melingkar yang menjadi pola khasnya. Selain itu proses pengasapan membuat hilangnya bau amis yang sering melekat pada telur dan menggantikannya dengan aroma asap yang khas.

Mengingat lamanya proses pembuatan dan resiko pecahnya telur lebih tinggi saat pengasapan membuat harga telur ini sedikit lebih mahal dari telur asin biasa

1 komentar: